Cara Menanam Kencur di Pot

Begini Tata Cara Menanam Kencur di Pot Supaya Hasil Melimpah

Halo guys pada kesempatan kali ini saya akan menyajikan tulisan mengenai Cara Menanam Kencur di Pot dengan mudah hasilnya melimpah,ada yang sudah tahu bagaimana caranya ? oke mari kita simak penjelasan di bawah ini selengkapnya.

Kencur adalah sejenis rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu masakan atau jamu. Tanaman ini berasal dari India, kemudian menyebar luas, dan dibudidayakan di Asia Tenggara, di Cina bagian selatan, dari Indonesia hingga Maluku dan pindah ke Australia bagian utara.

Banyak makanan dan jamu tradisional Indonesia menggunakan tanaman ini sebagai bahan tambahan. Selain itu, kencur juga digunakan sebagai tonik bergizi untuk meningkatkan nafsu makan dan oleh karena itu banyak diberikan kepada anak-anak.

Cara menanam kencur di dalam pot Supaya Hasilnya Melimpah

Beras kencur merupakan minuman herbal yang terkenal sebagai minuman penyegar yang memiliki banyak manfaat. Di Bali, daun kencur ini digunakan sebagai sayur urap.

Untuk merasakan manfaat kencur, Anda bisa menanamnya sendiri. Karena hidup dengan kencur itu mudah dan perawatannya juga tidak sulit. Berikut cara menanam kencur:

Syarat tumbuh kencur

Cara Menanam Kencur di Pot

Syarat tumbuh kencur merupakan langkah perta dalam Cara Menanam Kencur di Pot .Sebelum mulai menanam kencur di tiang, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pada saat penanaman, antara lain:

Untuk panen cepat, tanah untuk menanam kencur adalah tanah yang memiliki sifat seperti liat atau liat, jadi bisa berpasir tapi subur.
PH tanah agar tanaman kencur dapat tumbuh dengan baik dan subur adalah antara 5,5 – 6,5, dan kandungan nutrisinya cukup untuk memungkinkan tanaman kencur berkembang di dalam pot.
Sedangkan panas matahari yang cukup dan kelembapan tanah yang cukup untuk proses pengembangan selanjutnya.

Pemilihan bibit Kencur

Untuk memperoleh tanaman kencur yang bermutu di atas rata-rata, juga wajib ditentukan benih kencur yang bermutu di atas rata-rata.

Sebaiknya menggunakan rimpang kencur kira-kira. Umur 10 bulan dan sudah memiliki tunas (sebanyak mungkin ada 2 calon tunas). Rimpang kemudian disiapkan sesuai kebutuhan.

Setelah rimpang selesai, benih kencur ditempatkan beberapa hari di bawah sinar matahari langsung sampai rimpang siap ditanam.

tata cara penaburan kencur

  • Cara penaburan kencur merupakan hal penting dalam Cara Menanam Kencur di Pot,pastikan penaburannya dengan benar ya.
  • Tahap penaburan kencur dilakukan dengan tata cara panen cepat sebagai berikut:
  • Tanah yang dicampur dengan kompos disiapkan dalam jumlah yang sesuai 1:1 dan campuran sekam padi murni ditambahkan.
  • Jika pakan tanah sudah siap, letakkan di tempat semai. Tempat semai digunakan dalam kotak kecil atau dalam bentuk kantong kecil.
  • Agar proses pengembangan benih kencur tumbuh optimal, berikan drainase atau bukaan irigasi.
  • Ini mungkin berisi rimpang kecncur yang dipilih pada jarak yang dapat disesuaikan.
  • Kemudian tutup perlahan dengan jerami dan hanya perlahan tutupi dengan tanah.
  • Pastikan Anda memiliki jumlah penyiraman yang tepat untuk menjaga tanah tetap lembab.

Persiapan media tanam kencur

Jika Anda ingin menggunakan tas atau piring pemoles, buatlah yang besar. Kemudian isi tanah tanam dengan campuran tanah dan pupuk organik atau menggunakan perbandingan tanah dan pasir 4:1.

Setelah dituang dengan media penyemaian, kantong atau pot diletakkan di tempat yang teduh. Tunggu sekitar 1 atau 2 minggu untuk menunggu keseimbangan tanah yang digunakan.

Langkah-langkah menanam kencur

Cara Menanam Kencur di Pot anda harus memperhatikan Langkah-langkah menanam kencur .Ketika bibit tanaman kencur sudah bertunas dan berkecambah, saatnya untuk memindahkannya ke dalam pot.

Tahapan pot tanaman kencur tentunya harus cukup agar kencur dapat berkembang dengan baik. Tahapan pemindahan semen adalah sebagai berikut:

  • Bibit yang berkecambah dapat dipindahkan dengan hati-hati untuk menghilangkan tanaman dan akarnya.
  • Sebelumnya, lubang 5-7 cm dibor di tanah tanam atau ukuran bibit disesuaikan. Jadi, jika bibit yang ditanam berukuran kecil atau sedang, sebaiknya di dalam pot yang berisi 3-4 bibit kencur.
  • Tunas kemudian ditanam ke arah matahari. Perhatikan bahwa jika terjadi kesalahan saat menempatkan kencur, misalnya terbalik, akan mengganggu perkembangan kencur.
  • Dalam mangkuk, buat jarak dengan diameter 10-15 cm. Benih yang sudah ditanam kemudian bisa ditutup perlahan.
  • Untuk membasahi kondisi tanah, usahakan menyiram dalam jumlah yang wajar dan agar tanah tidak keruh.

langkah kencur untuk perawatan tanaman

Setelah tahap penanaman kencur selesai, maka langkah selanjutnya adalah pemeliharaan. Saat menanam kencur di tumpukan, metode perawatan paling menentukan hasil.

Jika perawatan dilakukan secara optimal dan benar, hasil panen akan sangat baik. Berikut tahapan pengobatannya:

Pembersihan gulma

Banyak gulma yang mampu menyerap unsur hara dari tanaman, mengurangi jumlah unsur hara yang tersedia untuk kencur dan membuat tanaman menjadi tidak sehat.

Jadi lakukan pengendalian gulma 2-4 minggu setelah tanam, atau bisa juga berdasarkan suasana dari tanaman kencur itu sendiri.

Juga bersihkan dua kali sehari pada pagi dan sore hari dan saat tidak hujan. Jika gulma atau hama tumbuh di sekitar tanaman kencur, yang terbaik adalah membersihkannya dengan mencabutnya.

Lakukan pembersihan gulma dengan hati-hati agar rimpang kencur tidak rusak dan saat Anda siap membongkarnya bisa membawa rimpang besar utuh.

Inseminasi

Pemupukan setelah kencur benar-benar melewati daun. Pemupukan dilakukan dengan kompos dalam waktu sekitar 4 minggu.

Aplikasikan pupuk organik cair pada 500ml/wadah semprotan air seminggu sekali.

Selanjutnya pemupukan dilakukan setelah berumur 3 bulan, pertama dengan pemupukan yang sangat mirip, untuk dilonggarkan bersamaan dengan proses pemupukan kedua, atau saat tanaman mencapai umur 3 bulan.

Pencegahan hama dan penyakit

Membasmi hama juga merakan hal yang penting dalam Cara Menanam Kencur di Pot,karena hama dengan tidak sengaja akan menyerap nutrisi kencur yang kita tanam.
Rata-rata tanaman terserang parasit dari ulat bulu yang memakan daun. Memang parasit ini dapat dengan mudah dikendalikan dengan membuang dan membunuh kencur yang terinfeksi.

Hama ini juga dapat disebabkan oleh ulat diokle dan ulat pesfolus yang memakan daun kencur yang sedang dikunyah.

Namun, perlu juga diperhatikan bahwa jika hama melimpah, lebih baik dinetralkan dengan insektisida. Gunakan insektisida sesuai dengan anjuran penggunaan dan dosis tertentu.

Cara menanam kunyit dalam pot untuk budidaya

panen kencur

Panen merupakan hal yang paling dinanti saat menanam kencur. Kencur dapat dipungut jika memenuhi ketentuan sebagai berikut:

Tanda pertama kencur siap panen adalah daun kencur mulai mengering dan menghadap ke tanah.
Tanda-tanda tersebut mulai terlihat saat tanaman kencur berumur 9 hingga 12 bulan.
Cara memanen kencur yang benar adalah dengan menggunakan garpu. Perlahan dan hati-hati regangkan dan angkat tanah di dekat rumput dengan garpu. Tujuannya agar batang tanaman tidak patah atau rusak.
Jika Anda mencabut tanaman kencur, angkat. Proses selanjutnya adalah membersihkan tanah rimpang sampai terlihat cukup bersih.
Langkah terakhir adalah memasukkan kencur yang sudah bersih ke dalam tempat sampah dan kemudian meletakkannya kembali di tempat penampungan.

Nah begitulah guys Cara Menanam Kencur di Pot yang benar sesuai yang saya jelaskan di atas,semoga artikel ini bisa membantu anda ya,terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.