bunga bougenville
gambar:bunga bougenville

Macam Jenis Bunga Bougenville dan Cara Menanamnya Hingga Merawat

Bagaimana cara menanam bunga bougenville Bougenville agar indah? bunga bougenville atau bougainvillea dalam bahasa Inggris adalah tanaman hias dari Amerika Serikat. Keindahan bunga ini berasal dari polongnya yang berwarna cerah. Polong ini tumbuh subur dan karena itu sering dianggap sebagai bunga.

Walaupun sebenarnya bunga dari tanaman ini adalah bunga kecil yang dilindungi oleh polong.

Jenis bunga bougenville

  1. Bougenville bayi bayi allison
  2. Bougenville baby baby lauren
  3. Cahaya terakhir Bougenville
  4. Bunga sakura Bougenville
  5. Es Kelapa Bougenville
  6. Little Victoria Bougenville
  7. Bougenville Alessandra
  8. Bougenville barbara karst
  9. Bougenville baby majik
  10. Bougenville California Emas
  11. Demam emas di Bougenville

Cara menanam bunga bougenville

Bugenville sering ditanam di area pemukiman karena keindahannya. Orang Indonesia menyebutnya bunga bougenville karena polongnya tipis dan seperti kertas. Batang tanaman ini memiliki duri dan cabang yang cukup keras dan tajam.

Tanaman ini sangat mudah tumbuh di daerah beriklim tropis dan khatulistiwa seperti Indonesia. Spesies ini dapat tumbuh hingga ketinggian 10 meter. Berikut cara menanam bunga bougenville:

Persiapan benih

Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk menanam bunga bougenville bugenvil adalah menyiapkan bibitnya. Dengan kualitas di atas rata-rata, benih berkualitas baik dapat diperoleh dari peternak.

Perlu mengidentifikasi ayah tua dan dewasa, kemudian memotong bunga dan mengeringkannya di tempat yang hangat. Kemudian pisahkan bijinya untuk dijadikan benih.

Selain menanam dari biji, bisa juga dilakukan dengan cara stek. Cara pemotongan ini dapat dilakukan pada saat batang cukup matang untuk dipotong miring dan tajam. Kemudian masukkan atau tanam batangnya sedalam 3-5 cm.

Penaburan dengan cara ini sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari, karena jika dilakukan pada siang hari harapan hidup dan pertumbuhan tunas baru akan rendah, sedangkan jika ditanam pada malam hari harapan pertumbuhan akan lebih besar dalam jumlah tunas baru. tunas dan harapan hidup.

Setelah benih diperoleh dan benar-benar kering, pemilik dapat melanjutkan proses penyemaian. Proses penaburan dilakukan pada tanah yang terdiri dari campuran tanah, kompos dan pasir yang seimbang. Proses penaburan di tanah membutuhkan waktu 3-7 hari hingga benih tumbuh dan menerima daun.

Persiapan tanah penaburan

bunga bougenville
gambar:assets.pikiran-rakyat.com

Salah satu ciri tanaman hias ini adalah menyukai substrat berpori seperti sirkulasi udara dan drainase yang baik. Oleh karena itu untuk menanam bunga bougenville, media tanam yang dianjurkan untuk menanam bunga bougenville adalah media tanam yang dicampur dengan pasir.

Campuran pasir pada media tanam akan berpori, sehingga terdapat pori-pori atau lubang-lubang kecil pada media tanam yang melakukan berbagai fungsi agar udara dapat terus masuk ke dalam media atau mengalirkan air.

Ini juga menjaga kondisi media dalam kelembaban. Akan lebih baik menggunakan hanya pasir yang buruk. Anda bisa meletakkan pasir sepertiga dari tinggi pot.

Cara menanam bunga tulang rawan di pot gantung

Setelah benih sudah melalui proses penanaman dan sudah menjadi benih bunga bougenville, Anda bisa memindahkannya ke media tanam yang lebih besar. Anda bisa menggunakannya untuk menanam bunga bougenville di dalam pot atau langsung di kebun atau di website.

Saat memindahkan benih, wajib dilakukan secara selektif agar tidak merusak akar dalam benih, yang dapat mengganggu perkembangan bunga. Petak tanam dapat dibuat dengan campuran 1:1:1 tanah, pupuk, kompos dan pasir, disebut juga sama.

Pemeliharaan

Langkah selanjutnya dalam menanam bunga bougenville setelah tanam adalah perawatan, yang meliputi:

Penyemprotan

Seperti halnya tanaman lainnya, asupan air yang cukup diperlukan untuk menunjang pertumbuhan tanaman hias bunga bougenville. Oleh karena itu lakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan setiap sore, hal ini berlaku untuk menanam bunga bougenville di dalam pot atau langsung di tanah.

ukiran

Salah satu perawatan yang harus dilakukan secara rutin setelah menanam tanaman bunga bougenville adalah pemangkasan. Pemangkasan cabang tidak hanya membantu menjaga tanaman hias tetap teratur, tetapi juga merangsang pertumbuhan dan pembungaan tanaman.

Karena jika tidak dipangkas, nutrisi yang diterima tanaman hanya akan menyebar ke daun dan mencegah munculnya bunga baru. Apalagi jika Anda menggunakan cara menanam bunga bougenville di dalam pot. Proses pemangkasan sangat perlu dilakukan karena unsur hara yang didapat tanaman sangat terbatas.

Inseminasi

Repertilisasi sangat diperlukan untuk perkembangan tanaman. Kesuburan di tanah tanam dapat dipastikan dengan pemupukan ulang secara teratur. Pupuk yang digunakan adalah pupuk hewani, organik atau kompos terbaik, hanya dalam jumlah yang wajar.

Idealnya, pemupukan ulang dilakukan sebulan sekali. Jika Anda baru memulai, hindari menggunakan pupuk.

Teknik vaksinasi terbaik

Cara menanam bunga bougenville dengan teknik bud connection sudah dikenal luas. Saat ini, tren bunga bougenville satu tanaman yang diisi dengan berbagai warna sedang populer.

Memang, tanaman seperti itu tidak terlalu sulit untuk dibuat. Hanya butuh nyali untuk menguji koneksi cabang muda antara jenis bugenvil lain dan tanaman berbunga bougenville dewasa. Biarkan cabang-cabang muda tumbuh dan menyatu dengan batang utama.

Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari

Jenis tanaman bunga bougenville ini membutuhkan banyak sinar matahari untuk menciptakan warna yang cemerlang untuk keindahan bunganya. Hal ini membuat tanaman ini lebih cocok untuk sinar matahari langsung di luar ruangan.

Cara menanam bunga bougenville

Jenis bunga bougenville

Ada beberapa jenis bunga bugenvil yang bisa dilihat dari warna bunganya atau pada daunnya, antara lain:

Bougenville bayi bayi allison

Bagi pecinta warna pink, baby allison baby paper flower merupakan salah satu jenis tanaman hias bougenville yang bisa anda pilih karena kelopaknya yang lembut dan cantik dengan warna pink. Jenis ini juga dapat digunakan sebagai dekorasi di rumah-rumah yang kumuh dan berperabotan elegan.

Bougenville baby baby lauren

Seperti jenis baby allison, jenis ini memiliki warna yang lembut, namun warnanya lebih ungu. Kedua jenis bayi ini biasanya mekar di akhir musim semi, awal musim panas, dan akhir musim gugur.

Cahaya terakhir Bougenville

Varietas ini menjadi favorit karena bunganya terbuka beberapa kali dalam setahun. Tanaman ini cocok ditanam di pekarangan, pekarangan, taman atap rumah, bahkan sebagai tanaman rambat di dinding. bunga bougenville afterglow biasanya berwarna oranye, merah dengan kelopak berwarna pink muda dan koral.

Bunga sakura Bougenville

Bunga sakura jenis bugenvil ini memiliki kelopak berwarna merah muda. Terkadang warnanya sangat pudar hingga mendekati putih. Varietas ini juga tergolong bunga sepanjang tahun.

Es Kelapa Bougenville

Varietas bunga bougenville es kelapa adalah varietas dengan skema warna yang sangat umum yang selalu mekar sepanjang tahun untuk menghiasi taman Anda, bahkan taman rumah kecil.

Little Victoria Bougenville

Pilihan bunga bougenville lainnya yang mekar sepanjang tahun adalah jenis baby victoria. Jenis ini memiliki warna ungu dan ungu yang indah, bersemangat dan mencolok. Ini adalah satu-satunya tanaman yang cocok dengan desain taman rumah minimalis.

Bougenville Alessandra

Taman akan terlihat lebih cerah dan elegan dengan adanya bunga Alexandra karena warnanya yang ungu dan bunganya yang rimbun saat mekar. Perlu dicatat bahwa spesies ini memiliki sifat sesekali menjatuhkan daun.

Bougenville barbara karst

Go-kart Barbarian Bougenville jenis ini berwarna ungu, merah dan merah tua. Daunnya memiliki tekstur yang lembut, bunga bougenville jenis ini mekar sepanjang tahun.

Bougenville baby majik

Kelopak bayi majik jenis ini bertahap dari ungu menjadi putih dan mekar sepanjang tahun. Sempurna untuk siapa saja yang ingin membangkitkan suasana manis di taman atau teras mereka tanpa terlihat terlalu mencolok.

Bougenville California Emas

Kelopak bunga tersebut bervariasi dalam warna dari emas ke oranye. Jenis bugenvil ini juga memiliki sifat menabur bunganya segera setelah berbunga. Salah satu spesies dari genus Bougainvillea juga merupakan varietas bunga bougenville kuning yang paling populer.

Demam emas di Bougenville

Meski sama-sama berwarna keemasan, namun kelopak kuning keemasan jenis ini jauh lebih terang dan lebih mencolok dibandingkan dengan jenis emas California, sehingga cocok untuk memberi warna berbeda pada taman rumah Anda.

Nah itulah kawan informasi mengenai bunga bougenville yang bisa saya sampaikan untuk kalian semga berannfaat,terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.