bagian-bagian bunga dahlia.

Mengenal Bagian-bagian Bunga Dahlia Taksonomi Lengkapnya

Halo guys kesempatan kali ini saya akan memambahas mengenai bagian-bagian bunga dahlia .Dahlia termasuk dalam kelompok perdu yang dapat hidup lebih dari 2 tahun. Bunga dahlia merupakan varietas tanaman yang beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang berbeda. Oleh karena itu, flora ini mudah ditanam, bahkan di iklim tropis seperti Indonesia.

Bunga Dahlia berasal dari Mexico dan Amerika Tengah. Tumbuhan dahlia termasuk dalam famili Asteraceae. Asteraceat mengandung tanaman dikotil seperti bunga matahari, krisan dan aster.

Bunga dahlia terdiri dari 42 jenis, termasuk jenis bunga hibrida. Dahlia biasanya menjadi alternatif tanaman hias karena bentuk bunganya yang menawan. Plus, dahlia yang mudah tumbuh adalah ornamen halaman belakang favorit.

Berikut klasifikasi bagian-bagian bunga dahlia yaitu

 

Tanaman yang menjadi bunga nasional Meksiko ini menjadi kebanggaan warga Meksiko. Bunga Dahlia dengan segala keindahannya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
Pixabay

1. Bunga

Hanya 1 bunga yang tumbuh di batang 1 tanaman. Ini memiliki diameter antara 5 cm dan 30 cm. Varietas bunga dahlia yang sangat beragam ini memiliki 8 set kromosom homolog. Sedangkan kebanyakan tanaman hanya memiliki 2 set.

Sebagian besar spesies bunga dahlia tidak berbau. Seperti tanaman lain yang tidak menarik serangga dengan aromanya, bunga ini diwarnai untuk menarik perhatian. Warnanya sangat bervariasi kecuali warna biru.

2. Suku

Batang dahlia memiliki banyak daun. Ketinggian batang berada pada kisaran 30 cm dan mencapai 1,8-2,4 meter.

3. Pertumbuhan tanaman

Meski merupakan tanaman yang mudah beradaptasi dan mudah tumbuh di mana saja, bunga dahlia hanya tumbuh sempurna jika ditanam di dataran tinggi dan pegunungan. Terutama pada ketinggian 1500-3700m di atas permukaan laut.

Asal usul dahlia

Selain kita mempelajari bagian-bagian bunga dahlia kita juga akan mempelajari Sejarah tanaman dahlia dimulai dengan orang Spanyol, yang melaporkan bahwa tanaman dahlia ditemukan di Meksiko pada tahun 1525.
Pixabay
Namun gambaran tentang bunga ini baru muncul pada tahun 1570, ketika seorang fisikawan bernama Francisco Hernandez, yang II. Bekerja pada masa pemerintahan Raja Philip, ia ditugaskan ke Meksiko untuk mempelajari tanaman ini. Saat itu, bunga dahlia digambarkan sebagai “produk alami negara”.

Pada saat itu, bunga dahlia digunakan sebagai makanan oleh penduduk setempat. Tanaman ini tumbuh secara spontan, namun ada juga penduduk asli yang sengaja membudidayakannya.

Tanaman ini juga digunakan oleh suku Aztec untuk mengobati epilepsi. Sedangkan batang yang berongga digunakan sebagai pipa air. Suku Aztec menyebut tanaman ini Chichipati, Acocotle atau Cocoxochitl.

Menurut Francisco Hernandez, istilah ini dapat diartikan sebagai “hookah”, “bunga hookah” atau “bunga berongga”. Ini mengarah ke setiap batang berongga.

Dalam uraiannya, Hernandez memaparkan 2 versi bunga dahlia. Yang pertama adalah dahlia berbentuk roda yang disebut Dahlia pinnata dan bunga dahlia berukuran besar, Dahlia imperialis. Kemudian jenis kedua adalah tanaman lain yang digunakan di Meksiko untuk tujuan pengobatan.

Penelitian tersebut berlangsung selama 7 tahun, dengan Hernandez didampingi Francisco Dominguez, yang mengabadikan penelitian tentang bunga dahlia di dalam foto. Tiga gambar Dominguez menunjukkan tanaman dengan bunga. Dua di antaranya menyerupai dahlia yang dikenal saat ini, dan gambar lainnya menyerupai brandi Dahlia.

Laporan tentang bunga dahlia ini dikirim ke Spanyol dengan judul Nova Plantarum, Animalium et Mineralium Mexicanorum Historia. Kemudian pada tahun 1615 diterjemahkan ke dalam bahasa Latin oleh Francisco Ximenes.

penyebaran

Pada tahun 1787, seorang ahli botani Prancis bernama Nicolas-Joseph Thiery de Menonville dikirim ke Meksiko. Tujuannya bukan untuk mempelajari dahlia, tetapi untuk mengamati beberapa spesies serangga. Tapi Thiery benar-benar membawa kembali tanaman berbunga yang indah ke taman Oaxaca.
Pixabay
Kemudian pada tahun 1789 bagian tanaman dahlia dikirim dua kali ke Madrid. Bunga dahlia ini kemudian diberi nama Dahlia pinnata karena bentuknya yang menyerupai burung bersayap. Bunga kedua disebut mawar Dahlia karena warnanya menyerupai demam berdarah.

Ahli botani Spanyol kemudian mengirim benih Dahlia pinnata ke Italia pada tahun 1789. Pada tahun-tahun berikutnya, Spanyol mengirimkan benih dahlia ke Berlin dan Dresden, Jerman, serta ke Turin dan Thiene, Italia.

Kemudian pada tahun 1802 dahlia dikirim ke Prancis dan Swiss. Pada tahun yang sama, seorang perawat dan kolektor tanaman Inggris, John Fraser, membawa benih dahlia ke Inggris. Setahun kemudian, orang-orang Dalian yang dibawa ke Inggris juga muncul di Botanical Magazine.

Pada tahun 1804, varietas baru berhasil ditanam di Holland House di Kensington. Spesies ini merupakan spesies Dahlia sambucifolia. Lady Holland kemudian mengirim benih ke Spanyol, di mana bunga dahlia tersebar luas di Eropa.

Bunga dahlia juga telah dipelajari di Jerman dan beberapa spesies telah dikembangkan. Jadi bunga ini sangat populer di benua itu.

Parasit bunga dahlia

Siput dan siput adalah hama serius tanaman dahlia. Selain itu, ada kutu daun, tungau laba-laba, dan serangga lain yang dapat membahayakan tanaman dahlia.
Pixabay
Bunga dahlia merupakan sumber makanan bagi beberapa larva famili Lepidoptera, seperti kupu-kupu dan ngengat. Ini termasuk sudut kupu-kupu, kupu-kupu gesit umum, cepat hantu, dan sayap bawah kuning besar.

Spesies dahlia

bagian-bagian bunga dahlia

Setelah kita mempelajari bagian-bagian bunga dahlia sekarang kita akan mempelajari macam macam spesiesnya.

Karena keindahan bunga dahlia, beberapa hibrida tumbuh hingga lahir 42 spesies. Beberapa di antaranya:

1. Dalia Pompon

Pompom Dahlia memiliki bentuk bunga yang bulat dan mengembang seperti pompom yang biasa dipakai oleh tim pompom. Bunganya biasanya terbuka sebagai bunga ganda kecil. Kelopaknya rata dan spiral. Kelopak bunga tampak melengkung.
worldoffloweringplants.com
Beberapa jenis pompom dahlia yang populer adalah dahlia Moor Place, dahlia Franz Kafka, dan dahlia Plum Surprise. Warna pompom dahlia bervariasi dari merah tua, ungu tua hingga ungu muda.

2. Dahlia Mignon

Bentuk dahlia mignon hampir sama dengan bunga aster. Warnanya cerah dengan warna kontras di tengahnya. Ukurannya hanya 5 cm. Ujung kelopaknya berbentuk bulat.
pixabay
Jenis dahlia Mignon yang dikenal adalah dahlia Scura, dahlia Sunshine dan dahlia GF Hemeric.

3. Bola Dahlia

Dahlia bulat yang hampir identik dengan pompom juga memiliki bentuk bunga bulat menyerupai bentuk bulat, hanya kelopaknya tidak menggulung seperti pompom karena ujungnya rata. Ukuran bola dahlia juga lebih besar dari pompom dahlia. Saat mekar penuh, ukurannya melebihi 5 cm.
crocdn.co.uk
Beberapa dahlia bulat yang banyak ditanam adalah dahlia Kiss Aurora, dahlia Cornell, dan dahlia Jomanda.

4. Dahlia Anemon

Anemon jenis dahlia mengandung 2 jenis kelopak dengan ukuran yang berbeda. Kelopak bagian dalam dikelilingi oleh kelopak besar yang lebih kecil. Varietas berbentuk kelopak ini membuat bunga Anemone dahlia terlihat seperti cincin. Uniknya, tanaman anemon ini bisa tumbuh dari ukuran 60cm hingga 1,2m.
longfield-gardens.com
Beberapa dahlia Anemone yang terkenal adalah dahlia Boogie Woogie, dahlia Purpinka dan dahlia Totally Tangerine.

5. Bunga teratai dahlia

Disebut “teratai air” karena bentuknya yang sekilas hampir menyerupai bunga teratai. Orang awam yang bukan tumbuhan biasanya kesulitan membedakan kedua bunga ini.
Pinterest
Bunga teratai Dahlia banyak disukai orang dengan bentuknya yang sangat indah saat berbunga. Bentuknya bunga ganda dengan kelopak agak besar. Warnanya juga mencolok, seperti pink, orange dan merah kecoklatan.

Dahlia teratai yang paling populer adalah dahlia Perla di Heemstede, dahlia Caballero, dan dahlia Karma Choc.

6. Peony dahlia

Saat berbunga, bunga peony dahlia sangat indah karena bagian tengahnya terbuka. Kelopak bunga yang mengelilingi bagian tengah bunga biasanya terdiri dari 2 baris.
longfield-gardens.com
Ukuran kelopaknya cukup besar. Kelopak bunga dahlia peony biasanya tumbuh tidak rata, sehingga memberikan tampilan alami yang indah dan unik. Beberapa dahlia peony adalah dahlia Llandaff Bishop, dahlia Charm, dan dahlia Oxford Bishop.

Cara menanam bunga dahlia

Bagi yang ingin menanam dahlia sebagai tanaman hias, kita bisa mengikuti panduan dan langkah berikut ini:

1. Penentuan posisi

Sebagai langkah pertama, tentukan di mana Anda menanam dahlia Anda. Lokasi penanaman berkaitan dengan sistem pengairan dan intensitas sinar matahari agar bunga dapat tumbuh dengan baik.

2. Pemilihan bibit/bibit

Kita tidak perlu repot mencari bibit atau bibit bunga dahlia, karena bibit atau bibit bunga ini bisa didapatkan dengan mudah di pedagang tanaman hias.

3. Persiapan tanah penaburan

Pada area yang luas, area tanam dapat dirawat dengan melonggarkan dan memberi pupuk tambahan. Sementara itu, jika tanahnya padat, kita bisa menanam dahlia di pot atau tas. Pilih tanah yang subur dan kaya humus.

4. Tanam bibit bunga dahlia

Ikuti petunjuk menanam dahlia melalui biji sebagai berikut:

Sebarkan benih secara merata di tanah dan kemudian tutupi dengan tanah.
Saat menanam, perhatikan kelembaban tanah. Di musim kemarau misalnya, daun gni atau pisang bisa digunakan untuk menjaga kelembapan tanah. Sedangkan di musim hujan, kita bisa menggunakan plastik bening sebagai pelindung bunga.
Setelah bibit tumbuh dan memiliki daun sempurna sekitar 6 serabut, bibit dapat dipindahkan ke area yang lebih luas dalam bentuk campuran kulit kayu dan pupuk kandang 6:1.
Berhati-hatilah saat memindahkan tanaman agar tidak merusak sistem akar.
Area berbunga dahlia harus menerima sinar matahari yang cukup.

5. Menanam dahlia dengan sistem stek

Dalam kasus dahlia tanpa biji, metode pemotongan dapat diperbanyak sebagai berikut:

Siapkan stek dahlia yang ditanam pada tunas ketiak 7-10 cm.
Potong kecambah dengan pisau tajam dan steril.
Siapkan media tanam kecil dengan kantong polar berisi 6:1 kulit kayu dan pupuk kandang

6. Menanam dahlia

Selain biji dan stek, bunga dahlia dapat ditanam dari umbinya, yaitu:

Rendam umbi dahlia dalam air bersih dengan penambahan zat pemacu pertumbuhan.
Siapkan pot 12” dengan media tanam yaitu campuran tanah, arang dan kompos.
Tanam dan pastikan kecambahnya rata dengan tanah.
Tempatkan bohlam menyamping atau berbaring.
Selama 3 hari pertama, yang terbaik adalah menempatkan umbi di tempat yang teduh. Kemudian, ketika kita dewasa, kita bisa memindahkannya ke luar ruangan.

Nah itulah sahabat bagian-bagian bunga dahlia yang bisa saya sampaikan kepada kalian semoga bermanfaat ya,terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.