kenikir sayur

Manfaat Kenikir Sayur Bisa Menyembuhkan Penyakit Mematikan

Daun kenikir sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Daun ini sering diolah sebagai lalapan, sebagai campuran pecelmeni atau bahkan dikukus. Namun, daun kenikir sayur selain untuk menemani makan kita, juga dikenal sebagai herbal karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan.

Manfaat daun kenikir untuk kesehatan tidak lepas dari segudang nutrisi yang dikandungnya. Daun yang memiliki nama latin Cosmos caudatus ini mengandung karbohidrat, protein dan zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh. Jadi jangan heran jika tanaman Amerika Latin ini sangat dihargai oleh beberapa orang.

Daun kenikir sendiri merupakan tumbuhan tropis. Tanaman kenikir sayur juga sering digunakan untuk penghias pagar karena bunganya yang indah. Daun kenikir mudah ditanam di dataran rendah hingga pegunungan dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

Daun kenikir memiliki khasiat pemeliharaan kesehatan yang baik. Namun ingat untuk tidak berlebihan karena daun ini juga dapat menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan tubuh Anda.

Berikut beberapa manfaat daun kenikir sayur untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

kenikir sayur

Kaya akan antioksidan

Manfaat daun kenikir yang pertama adalah kandungan antioksidannya yang kaya. Kenikir mengandung 2.400 miligram antioksidan per 100 gram asam L-askorbat. Lebih dari dua puluh bahan antioksidan telah ditemukan di kenikir. Oleh karena itu, daun kenikir mampu mengurangi stres oksidatif.

Seperti yang kita ketahui, antioksidan juga dapat melindungi dari kerusakan sel akibat radikal bebas, stres oksidatif. Stres oksidatif kronis dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker.

Makan makanan kaya antioksidan dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah dalam memerangi stres oksidatif dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

Hilangkan bau mulut

Manfaat daun kenikir yang kedua adalah mengatasi bau mulut. Daun kenikir dikenal dengan aromanya yang khas. Tanaman ini juga mengandung minyak atsiri yang mencegah bau badan seperti bau mulut. Caranya adalah dengan mengunyah daun kenikir lalu berkumur dengan air biasa.

Bau mulut disebabkan oleh patogen dan bakteri yang sering bersarang di lidah dan sela-sela gigi. Daun kenikir mengandung alkohol konifer, yang memiliki sifat antibakteri. Keunggulan kandungan ini adalah membersihkan mulut dari bakteri dan kuman penyebab bau mulut.

Menambah nafsu makan

Manfaat daun kenikir yang ketiga adalah untuk menambah nafsu makan. Daun kenikir sejak lama dianggap dapat digunakan sebagai bahan bumbu dan perangsang nafsu makan. Anda juga dapat menggunakan huruf-huruf ini untuk memulihkan stamina selama operasi tertentu.

Untuk bayi yang nafsu makannya rendah, Anda bisa menggunakan daun kenikir untuk mengembalikan nafsu makan bayi Anda. Kenikir dapat disajikan sebagai lalapan, sebagai campuran makanan, atau sebagai suplemen. Kenikir mengandung 3% protein, 0,4% lemak dan karbohidrat serta kaya akan kalsium dan vitamin A.

Meningkatkan kekebalan

Khasiat keempat daun kenikir adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tanpa sistem imun yang baik, tubuh dapat diserang oleh bakteri, virus, parasit, dan sebagainya. Daun kenikir mengandung vitamin C dan B yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sifat antibakteri dari daun kenikir sayur juga dipercaya dapat melindungi tubuh dari berbagai bakteri. Selain itu, vitamin C membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Biasanya, 100 gram daun kenikir mengandung 2,9 gram protein, 0,6 gram karbohidrat, 0,4 gram lemak, dan 93,1 gram air. Tanaman ini juga mengandung 64,6 mg vitamin C, 3568 g beta-karoten, 0,13 mg vitamin B1 dan 0,24 mg vitamin B2.

Mengatasi diabetes

Manfaat daun kenikir yang kelima adalah pengobatan diabetes. Kenikir memiliki efek antidiabetes. Menurut beberapa penelitian, kenikir mengandung enzim yang dapat menghambat penyerapan glukosa di saluran pencernaan. Kenikir juga dapat memerangi hiperglikemia atau gula darah tinggi.

Kenikir mampu menetralkan kadar insulin pada penderita diabetes tipe 2. Selain itu, kenikir sayur dapat menghambat alpha-glucosidase, enzim yang memecah karbohidrat yang lebih besar menjadi molekul glukosa yang lebih kecil. Dengan memblokir alfa-glukosidase, tubuh melepaskan glukosa ke dalam aliran darah lebih lambat, sehingga dapat mengontrol ketersediaan glukosa dengan insulin.

Mengatasi masalah perut

Manfaat daun kenikir selanjutnya adalah mengatasi masalah lambung. Daun kenikir mengandung tokoferol, polifenol dan hidroksigenol yang diduga dapat menetralkan asam lambung. Antioksidan ini juga dapat membantu memperkuat otot perut agar tetap berfungsi optimal dan mencegah tumbuhnya penyakit maag dan asam lambung.

Untuk mengatasi masalah lambung pada kenikir, anda bisa mengkonsumsi daun kenikir secara langsung sebagai lalapan, lalapan, air minum atau suplemen daun kenikir.

Memperkuat tulang

Manfaat daun kenikir yang terakhir adalah dapat menguatkan tulang. Daun kenikir dipercaya dapat mencegah osteoporosis pada wanita pascamenopause dan secara bertahap meningkatkan komposisi tulang. Daun kenikir juga dapat meningkatkan jumlah mineral yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang.

Kandungan kalsium dan magnesium daun kenikir juga cukup tinggi. Daun kenikir sayur dapat dikonsumsi langsung dalam bentuk lalapan atau diminum air rebusan yang dicampur dengan madu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.