Cara menanam Tomat

Beginilah Cara menanam Tomat yang Benar Tetap Subur dan Hasilnya Melimpah

Tanaman tomat dapat tumbuh dengan baik pada berbagai media, seperti outdoor, hidroponik, vertical garden, dan pot penyangga atau tiang. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan cara menanam tomat dalam karung.

Pernahkah Anda berpikir untuk menggunakan halaman belakang? Salah satunya adalah dengan menanam berbagai tanaman dan sayuran yang bisa kita panen sesuai kebutuhan.

Cara menanam tomat dalam pot agar cepat panen
1. Tentukan jenis tomat yang ingin Anda tanam
2. Pilih bibit tomat yang berkualitas dan unggul
3. Menabur benih tomat
4. Pilih dukungan tomat di halaman beranda
5. Pindahkan benih tomat ke media tanam
6. Cara Merawat Tanaman Tomat Dalam Pot
7. Umur panen tanaman pot atau tas

Cara menanam tomat dalam pot agar cepat panen

Tomat tergolong sayuran meskipun memiliki struktur buah. Tumbuhan ini tumbuh baik di dataran maupun di pegunungan pada ketinggian 0-1500 mdpl, tergantung varietasnya. Tanaman ini optimal di tanah yang subur dan gembur, dengan pH sekitar 5,5-7.

Tanaman tomat liar berbentuk perdu dan dapat mencapai ketinggian 3 meter. Namun setelah dibudidayakan, tanaman ini tidak lebih dari 2 meter dan biasanya ditopang dengan pasak atau tali untuk mencegahnya tumbang.

Cara menanam tomat dalam pot tidak terlalu sulit, seperti halnya budidaya di lapangan. Ketekunan dan sedikit pengetahuan tentang metode budidaya diperlukan untuk memungkinkan benih tumbuh bahkan dengan menggunakan pot.

1. Tentukan jenis tomat yang ingin Anda tanam

Orang biasanya membedakan tomat dari bentuk buahnya. Ada empat kelompok yang populer di pasar, yaitu,

Tomat atau muesli dengan alas melingkar yang rata.
Ini digunakan sebagai bahan baku untuk jenis Galtal, saus oval.
Varietas sayuran, tekstur keras, rasa sedikit asam,
Tomat cherry, bentuknya kecil, rasanya manis dan asam.

Menanam tomat dalam karung tidaklah sulit, langkah pertama adalah memilih jenis dan varietas yang akan ditanam. Sesuaikan lokasi area tumbuh dengan varietas yang dipilih, khususnya dengan kondisi iklim dan ketinggian.

Untuk hasil yang maksimal, gunakan bibit unggul dari sumber yang direkomendasikan. Ada beberapa jenis benih tomat di toko pertanian. Informasi tentang ciri-ciri tanaman dapat dilihat pada label pada kemasan benih.

2. Pilih bibit tomat yang berkualitas dan unggul

Poin penting dalam menanam tomat dalam pot adalah memilih bibit yang berkualitas atau unggul agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang melimpah. Pilih bibit buah yang sehat dan bebas dari segala penyakit dan hama.

Kriteria buah tomat sebagai benih:

Pilih buah yang sangat matang (kulit merah dan tipis).
Besar dibandingkan dengan yang lain,
Tidak ada serangga atau bekas luka yang terinfeksi parasit atau penyakit.
Kepadatan biji karkas seragam,
Biji tomat masih terlihat besar dan tidak berenang saat direndam.

Jika Anda masih kesulitan memilih benih tomat yang bagus, langkah terbaik adalah pergi ke petani atau membeli benih di kios pertanian. Bibit buah yang diperoleh dari kios pertanian kemungkinan besar kualitasnya lebih baik daripada bibit yang dipilih sendiri.

3. Menabur benih tomat

Cara menanam tomat di tiang pancang, ada baiknya melalui tahap pembibitan sebelumnya, terutama benihnya. Langkah ini diperlukan karena benih yang baru berkecambah memerlukan perlakuan yang berbeda dengan tanaman dewasa.

Persiapkan ruang Anda untuk prasekolah dan media terlebih dahulu. Pilih pembibitan yang terlindung dari hujan dan sinar matahari langsung.

Tempat tidur bunga, tempat tanaman atau kantong bibit dapat digunakan dalam metode penyapihan. Jika pembibitan menggunakan teknik bedengan, buatlah balok dengan kedalaman 1 cm dan jarak antar balok 5 cm.

Kemudian tanam benih tomat dengan jarak 3 cm per baris, tutupi permukaan dan air secukupnya.

Untuk prasekolah yang menggunakan tas, isi tas dengan pemegang prasekolah. Jika tidak ada polybag, Anda bisa menggunakan daun pisang. Kemudian celupkan biji tomat sedalam 1 cm di tengahnya. Kemudian tutupi permukaan dan air secukupnya untuk mengisi setiap kantong plastik dengan benih.

Setelah menabur benih, sirami dua kali sehari dengan manik-manik yang lembut. Hati-hati saat menyiram, jangan sampai merusak permukaan persemaian.

Pemupukan tambahan dapat dilakukan setelah dua minggu dengan pupuk cair organik, kompos atau npk. Perawatan lain yang perlu dilakukan adalah penyiangan. Jangan biarkan gulma tumbuh di area persemaian.

Setelah 30 hari benih tomat siap ditempatkan di nursery bag, atau sudah memiliki minimal 5 helai daun.

4. Pilih dukungan tomat di halaman beranda

Menentukan jenis pot sebagai media tanam juga merupakan aspek penting dalam budidaya pot8. Anda dapat memilih berbagai jenis pot bunga yang terbuat dari bahan yang berbeda seperti keramik, beton atau tanah liat.

Tetapi pilihlah pot tanah liat sebanyak mungkin karena air dan udara untuk akar tanaman dapat lebih mudah menembus pori-pori pot tanah liat.

Selain pot bunga, Anda juga bisa menggunakan kaleng bekas atau kantong plastik berukuran sedang sebagai sarana menanam tomat dalam pot. Media tanamnya adalah campuran tanah, pasir dan kompos, dengan komposisi yang seimbang.

Jangan lupa untuk membuat lubang di dasar pot agar air tidak membanjiri akar yang justru menyebabkan penyakit busuk akar pada tanaman.

5. Pindahkan benih tomat ke media tanam

Cara menanam Tomat
gabar : asset.kompas.com

Sebelum menempatkan benih, siapkan media tanam dan polybate diisi dengan tanah 2:1:1, arang dan kompos. Untuk lebih spesifik, lihat Cara Membuat Bahan Post Planter.

Ada dua cara menanam tomat dari pembibitan dalam kantong. Pertama, ekstrak bijinya dengan menariknya keluar. Caranya adalah dengan membilas persemaian dengan air agar tanah tanam tetap lembut.

Kemudian cabut tanaman dengan hati-hati agar akar tanaman tidak patah atau rusak. Kemudian masukkan tanaman tegak lurus dengan lubang untuk menanam di tiang. Lokasi akar harus tegak lurus agar tidak bengkok atau bengkok. Sesuaikan kedalaman lubang berdasarkan panjang akar.

Kedua, pindahkan benih dengan cara memutarnya. Angkat tanaman tomat dengan media di sekitarnya. Untuk bibit dari bedengan, regangkan tanaman hingga kedalaman 10 cm dengan sekop atau dengan tangan. Kemudian angkat dan gerakkan bersama tanah.

Untuk benih dalam kantong semai, sobek atau tarik keluar kantong plastik semai dan tempatkan dengan tanah di dalam kantong yang lebih besar. Bibit yang terbuat dari tiang plastik dapat digunakan beberapa kali.

budidaya jagung manis

6. Cara Merawat Tanaman Tomat Dalam Pot

Setelah diletakkan di dalam pot, letakkan pot di halaman belakang rumah yang terkena sinar matahari pagi yang hangat, tetapi mendapat sedikit keteduhan saat panas datang. Siram secara teratur setiap pagi dan sore hari agar tanaman tomat Anda cukup air.

Pastikan tanah tanam tidak terlalu kering. Siram setidaknya dua kali sehari, tetapi jangan terlalu basah untuk menghindari busuk akar.

Gulma di dalam karung secara teratur disiangi, jika ada tanaman yang layu atau mati, segera singkirkan dan buang tanah tanam untuk mencegah penyebarannya. Pilihan perawatan tambahan termasuk mencukur batang dan mengamankan batang ke tanaman.

Setelah seminggu, pupuk tanaman dengan 1 genggam kompos per kantong. Tambahkan kompos setiap bulan atau jika tanaman kurang subur. Jika tanaman akan menghasilkan, Anda dapat menerapkan pupuk atau pupuk organik cair.

Tanaman tomat memiliki cukup banyak hama dan penyakit, jika Anda melihat serangan hama, singkirkan secara manual. Penyemprotan sebaiknya dilakukan saat benar-benar dibutuhkan. Untuk kesehatan dan keamanan lingkungan, gunakan lebih banyak pestisida organik alami.

7. Umur panen tanaman pot atau tas

Tanaman tomat dalam kantong dapat dibongkar setelah 3 bulan, tergantung varietasnya. Kriteria tomat yang siap diunduh adalah berubah warna dari hijau menjadi kuning atau tepi daun tampak kering dan batang menguning.

Tomat tidak matang pada saat yang bersamaan. Panen sebaiknya dilakukan setiap 2-3 hari sekali, jangan terlalu dekat agar tidak merusak tanaman. Waktu terbaik untuk mengambilnya adalah pada pagi dan sore hari, saat matahari tidak terlalu terik.

Nah itulah sahabat informasi mengenai cara menanam tomat yang bisa saya sampaikan kepada kalian ,Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian ya jika ada kritik dan saran silahhkan tinggalkan di kolom komentar karena kritik dan sara kalian sangat membantu demi kemajuan blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.