Cara Menanam Bunga Krokot di Botol Bekas.

Cara Menanam Bunga Krokot di Botol Bekas Supaya Tampil Cantik dan Menarik

Halo guys dalam kesempaytan ini saya akan menyajikan artikel mengenai cara menanam bunga krokot di botol bekas,oke langsung saja ya kita simak penjelasan berikut ini.

Cara Menanam bunga krokot di botol bekas bisa menjadi ide yang bagus untuk mempercantik rumah Anda. Selain itu, penggunaan botol bekas juga merupakan salah satu upaya untuk mengurangi sampah plastik.

Banyak orang yang kini sadar lingkungan dan sudah mulai membuat pot bunga dari botol bekas yang penuh kreativitas. Jadi jangan selalu menggunakan pot yang dijual di pasaran untuk menanam tanaman hias.

Inilah cara termiudah cara menanam bunga krokot di botol bekas

Langkah-langkah menanam bunga berbunga krokot di botol bekas

1. Persiapan penggunaan botol
2. Isi botol bekas dengan tanah
3. Prosedur pemupukan dasar
4. Tanam benih krokot
5. Instalasi

Cara Merawat Bunga bunga krokot Dalam Botol bekas tumbuh subur

1. Portulaca Irigasi tanaman berbunga
2. Proses penyiangan
3. Lakukan pasca pemupukan
4. Pengendalian hama dan penyakit
5. Mengganti Tanaman Bunga Krokot

Salah satu jenis bunga yang bisa ditanam di botol bekas bayi adalah bunga krokot. Bunga ini merupakan tanaman hias dari keluarga Portulacaceae, asli Amerika Selatan.

Bunga bunga krokot disebut juga bunga jam sembilan di Indonesia karena bunga krokot mekar pada pukul sembilan pagi. Selain itu, bunga berbunga krokot banyak ditanam untuk menghiasi pekarangan atau pekarangan rumah.

cara menanam bunga krokot di botol bekas untuk hasil yang bagus

 

Cara Menanam Bunga Krokot di Botol Bekas
assets.pikiran-rakyat.com

Bunga bunga krokot bisa bermacam-macam warnanya dari ungu, merah muda, kuning, dan berbagai jenis bunga krokot lainnya. Mereka yang tertarik menanam bunga krokot tidak perlu khawatir. Pada kesempatan ini, kami memberikan informasi yang lengkap mulai dari proses penanaman hingga proses pemeliharaan.

Langkah-langkah menanam bunga berbunga krokot di botol bekas

1. Persiapan penggunaan botol

cara menanam bunga krokot di botol bekas Sebagai langkah awal, siapkan tempat botol bekas dan bersihkan dari kontaminan lain. Jika Anda ingin menggunakannya untuk menghias taman atau halaman Anda, Anda bisa menggunakan tali untuk menggantungnya. Sesuaikan ukuran botol yang Anda inginkan.

Ada berbagai jenis botol bekas, kita bisa menggunakan botol minuman bekas, kaleng cat, kaleng susu bekas dan lain sebagainya. Pastikan Anda membersihkannya sebelum menggunakannya sebagai pot bunga bunga krokot.

2. Isi botol bekas dengan tanah

Ketika nutrisi botol bekas sudah siap, langkah selanjutnya adalah mengisi tanah atau media tanam ke dalam botol bekas.

Caranya hampir sama dengan menanam bunga mawar atau lavender yang membutuhkan tanah pot humus serta bunga berbunga krokot karena seperti kita ketahui tanah humus gembur dan mampu menyuburkan tanaman.

Jika Anda kesulitan mendapatkan tanah untuk humus, Anda dapat membelinya di toko tanaman hias untuk menghemat uang, atau Anda dapat membuatnya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Anda bisa menggunakan sisa daun atau akar yang dikeringkan, serbuk kayu, kulit kayu bakar, dan tanah pot yang gembur, lalu ambil campuran tersebut hingga merata.
Kemudian tuangkan sedikit EM4 dengan perbandingan 1 sendok makan gula pasir dengan 1 liter air, lalu tambahkan bakteri EM4 dan diamkan selama 24 jam.
Silakan tuangkan larutan EM4 ke dalam campuran tanah dan aduk hingga merata
Akhirnya, tutupi tanah dan tunggu sekitar 2 minggu
Sebagai hasil dekomposisi sampah organik dan tanah, tanah humus yang gembur akan cocok untuk menumbuhkan bunga bunga krokot

3. Prosedur pemupukan dasar

Masukkan humus tanah yang sudah disiapkan ke dalam botol bekas dan tambahkan pupuk dasar sebagai berikut:

Buat lubang di tengah tanah dalam botol bekas
Bagian bawah diisi dengan pupuk organik granular, yang biasanya dijual di toko pertanian, dengan hanya 1 genggam per botol.
Tutup kembali dengan tanah dan sirami tanah, penanam botol bekas siap untuk menanam bunga krokot.

4. Tanam benih krokot

bunga krokot dapat tumbuh dengan menggunakan biji atau stek. Agar tanaman bunga krokot bertahan lama, gunakan cara penaburan dari biji, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

cara menanam bunga krokot di botol bekas Pertama siapkan benih bunga krokot, yang ditanam bersama dengan tanah humus di tanah botol bekas yang sudah disiapkan.
Kemudian buat lubang sedalam 2 cm di tengah wajan
Lubang tersebut kemudian diisi dengan biji bunga krokot
Tergantung pada ukuran botol yang digunakan, 1-3 core ditempatkan pada setiap botol yang digunakan
Tutup kembali dengan tanah pot dan air secukupnya, tunggu sampai tumbuh

Saat benih mulai tumbuh, sebaiknya jangan meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Tempatkan di tempat yang teduh agar bunga rawan tumbuh lebih cepat. Setelah 1 minggu, Anda dapat meletakkannya di mana pun Anda inginkan.

5. Instalasi

Alangkah baiknya jika tanaman bunga krokot tidak menggunakan botol yang terlalu besar karena lebih cocok menggunakan botol berukuran sedang atau kecil. bunga krokot biasanya tidak tumbuh tinggi, jadi yang terbaik adalah meletakkannya di teras Anda dan menggantungnya agar lebih indah. Agar tanaman berbunga rawan menimbulkan kesan asri dan indah di tempat tinggalnya.

Cara Merawat Bunga bunga krokot Dalam Botol bekas tumbuh subur

1. Portulaca Irigasi tanaman berbunga

Setelah penanaman berhasil, langkah selanjutnya adalah merawat tanaman berbunga di bunga krokot. Penyiraman tanaman sangat penting selama perawatan karena tanaman membutuhkan air. Jika Anda memasukkannya ke dalam air setiap 5 hari sesuka Anda, sambil menggantung toples dari botol bekas, sirami setiap 3 hari. Untuk pertumbuhan tanaman lebih cepat, irigasi harus ditambahkan dengan pupuk organik cair.

2. Proses penyiangan

Proses penyiangan bunga krokot cukup dilakukan sebulan sekali atau bahkan lebih jarang. Karena bunga krokot pada toples bekas memiliki permukaan tanah yang lebih kecil, kemungkinan tumbuhnya gulma semakin kecil

3. Lakukan pasca pemupukan

Pasca pembuahan juga penting, meskipun bunga krokot adalah salah satu tanaman yang tumbuh paling cepat tanpa pembuahan. Namun, untuk pertumbuhan yang lebih baik, pupuk tambahan juga dapat diberikan dengan pupuk organik granular dengan menggali tepi pot kemudian mengisinya dengan pupuk organik butiran dan melapisinya dengan tanah dan air.

4. Pengendalian hama dan penyakit

Salah satu jenis parasit yang paling umum menyerang bunga bunga krokot adalah serangga seperti semut dan ulat. Untuk mengatasinya, Anda bisa menyemprotkan cairan insektisida. Tak hanya itu, keberadaan jamur patogen bisa menyerang hingga rusaknya bunga krokot. Untuk menghindari hama dan penyakit, Anda dapat menggunakan fungisida jika Anda melihatnya mulai layu di bunga krokot meskipun disiram.

5. Mengganti Tanaman Bunga Krokot

Bunga bunga krokot hidup selama 5-6 bulan saat disemai, sedangkan untuk jenis tanam batang kurang dari 3 bulan. Oleh karena itu, penting untuk mengganti tanaman karena mendekati batas usia untuk bunga krokot. Fitur kematian tanaman:

  • Pria itu tidak muncul
  • Daunnya mulai berguguran
  • Batangnya mengering dan menyusut
  • Daun kuning dan kering

Jika tanaman bunga krokot Anda menunjukkan karakteristik ini, segera ganti dengan tanaman bunga krokot yang baru.

Nah itulah sahabat cara menanam bunga krokot di botol bekas yang bisa saya sampaikan kepada kalian semoga bermanfaat ya,terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.