Cara Menanam Kangkung di Gelas Aqua
gambar:assets.pikiran-rakyat.com

Cara Menanam Kangkung di Gelas Aqua Supaya Hasilnya Melimpah

Halo guy pada kesempatan ini saya akan menyinggung masalah cara menanam kangkung di gelas aqua yang tidak membutuh kan lahan luas tapi bisa menghasil panen yang melimpah.

Mungkin Anda suka makan sayuran kangkung? Sayuran ini memiliki rasa yang sangat enak. Berbagai hidangan di menu bisa disiapkan dengan kangkung. Diantaranya adalah kangkung goreng, pecel kangkung atau urap kangkung. kangkung hijau memiliki rasa yang sangat kuat. Tentu saja, akan jauh lebih stabil jika Anda memanen kangkung dari kebun Anda. Ya, Anda bisa menanam kangkung sendiri.

Jangan jadikan itu sebagai alasan kamu tidak memiliki lahan yang luas karena tidak bisa menanam kangkung. Karena cara menanam kangkung di gelas aqua tidak membutuhkan lahan yang luas. Karena ukuran tanaman yang kecil dan waktu panen yang singkat, kangkung dapat ditanam dimana saja. Anda bahkan bisa menanam tanaman ini dalam gelas plastik yang digunakan untuk mengemas air mineral. Hasilnya tidak lebih buruk dari kangkung yang ditaburkan langsung ke tanah.

Selain menghemat tempat, penggunaan gelas plastik sebagai wadah menanam kangkung juga memudahkan dalam perawatannya. Ini adalah solusi yang paling cocok untuk pertanian di lingkungan perkotaan.

Cara Menanam Kangkung di Gelas Aqua

Cara menanam kangkung di gelas aqua kita membutuhkan Bahan :

  • biji kangkung
  • Tanah
  • Pupuk
  • Sekam padi
  • kapas
  • Air terjun
  • Gelas plastik

Alat yang digunakan:

  • Paku
  • tekan
  • mangkuk
  • tang

Tahapan penaburan:

cara menanam kangkung di gelas aqua yang pertama Menabur benih kangkung. Kami menanam kangkung yang paling menguntungkan dari bijinya. Benih ini berupa benih siap tanam. Anda bisa membeli bibit kangkung di www.tokotanaman.com. Biji kangkung kemudian direndam dalam air hangat selama 8-10 jam. Kemudian buatlah tempat tanam berbentuk kapas yang diletakkan di dalam mangkuk. Kemudian basahi dengan sedikit air. Kemudian letakkan biji kangkung di atas bola kapas basah. Letakkan mangkuk ini di tempat yang gelap. Lama penanaman kurang lebih 3-5 hari.

Persiapan tempat implantasi

cara menanam kangkung di gelas aqua yang kedua menyediakan tempat implantasi. Di sini, gelas plastik digunakan sebagai tempat bercocok tanam untuk menggantikan pot dan tiang. Anda dapat mendaur ulang gelas plastik yang digunakan untuk mengemas air mineral. Disarankan untuk mengecat permukaan kaca ini dengan cat hitam untuk melindungi akar dari sengatan matahari nantinya. Kemudian buat beberapa lubang di bagian bawah kaca sebagai saluran pembuangan agar kondisi tanah tanam tidak terlalu basah saat irigasi atau hujan.

Persiapan tanah penaburan

Selanjutnya,Media tanam yang paling cocok untuk menanam kangkung adalah campuran tanah, sekam padi dan pupuk kandang. Perbandingan bahan yang kami sarankan adalah 2 : 2 : 1. Tanah yang digunakan harus dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran, kotoran dan batu. Campurkan bahan-bahan ini hingga tercampur rata. Kemudian masukkan ke dalam gelas plastik dengan volume 3/4 volume penuh. Kemudian biarkan media tanam ini selama 3-5 hari.

Menanam kecambah kangkung

Terus pantau perkembangan kecambah kol yang telah Anda tanam. Jika bibit kangkung sudah memiliki akar yang cukup panjang, Anda bisa menanamnya. Proses penyemaian kecambah kangkung pada media tanam sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Anda bisa membuat lubang tanam terlebih dahulu. Kemudian, dengan pinset, kumpulkan kecambah kangkung dengan hati-hati di pot pembibitan. Tanam kuman ini di lubang tanam dan kemudian isi dengan tanah di sekitarnya. Di setiap gelas plastik ada baiknya menanam 1 biji kangkung agar bisa tumbuh maksimal.

Merawat tanaman kangkung

cara menanam kangkung di gelas aqua selanjutnya.Untuk berbunga, kangkung sebaiknya ditanam di luar ruangan agar tanaman bisa mendapatkan sinar matahari secara maksimal. Anda bisa menggunakan teknik penanaman dengan metode vertical garden untuk memaksimalkan penggunaan lahan yang tersedia. Tanaman harus disiram dengan benar setiap hari. Anda juga bisa mengairi tanaman kangkung dengan air cucian beras. Jika Anda melihat gulma tumbuh atau hama menyerang tanaman Anda, segera lakukan langkah yang tepat untuk memberantasnya.

panen kangkung

Kangkung merupakan tanaman berumur pendek. Tahukah Anda, kangkung perlu dipanen sebagai sayuran di usia muda agar rasanya lebih enak. Jika Anda terlambat memanen kangkung atau menunggu sampai tua, kangkung akan menjadi keras, keras dan kering, membuat masakan menjadi kurang enak. kangkung biasanya bisa dipanen selama 30-45 hari. Pemanenan dilakukan dengan mencabut tanaman kangkung satu per satu. Anda bisa segera menanam kembali kecambah kol yang baru ke dalam gelas plastik.

Nah itulah sahabat informasi yang bisa sampaikan mengenai cara menanam kangkung di gelas aqua semoga bisa bermanfaat ya ,jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan di kolom komentar,kritik dan saran kalian saysa butuhkan demo kemajuan blok ini ,terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.