tumbuhan langka venus

Heboh !! Tumbuhan Langka Venus Sang Karnivora Pemangsa Serangga

Halo guys pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan masalah mengenai tumbuhan langka venus yang sangat cantik. Tanaman ini sering di sebut dengan tumbuhan karnivora karena dia menggantungkan asupan gizinya dengan meangsa serangga.

Venus merupakan tumbuhan karnivora daerah subtropis, terutama lahan basah. Populasi meluas di lepas pantai timur Amerika Serikat ke Carolina Utara dan Carolina Selatan.

Dionaea muscipula adalah nama binomial dari spesies penangkap lalat Venus. Mereka ahli dalam mengklasifikasikan Droseraceae (Droseraceae) secara berurutan, sehingga masih berkerabat dengan kantong semar.

Secara taksonomi, Droseraceae sendiri merupakan kelompok tumbuhan berbunga. Ini berisi tiga genera yang masih hidup, yaitu genera Aldrovanda, Drosera dan Dionaea.

Jika kita melihat penampilannya, bentuk perangkap lalat Venus memang sangat khas. Dengan nektar yang harum, ia memiliki daun artikulasi yang berguna untuk menarik spesies serangga.

Morfologi dan karakteristik perangkap lalat tumbuhan langka venus

Venus adalah tanaman kecil. Strukturnya adalah roset, 4-7 daun per batang.

Panjang batang maksimal tanaman ini hanya 3-10 cm. Meski cukup langka, ada juga individu yang tumbuh hingga 20-30 cm dan memiliki diameter daun 8-15 cm.

Sepintas, daun perangkap lalat Venus terlihat seperti cangkang. Namun bagian tersebut biasanya dilengkapi dengan “gigi” halus yang berguna untuk mengelabui serangga saat ditangkap.

Seperti tanaman pada umumnya, permukaan tumbuhan langka venus didominasi oleh tanaman hijau. Interior sangat bagus karena ada pola merah.

Permukaannya yang berwarna merah mampu menghasilkan nektar. Ini berisi rambut sensorik yang disebut trikoma, yang dapat memprediksi keberadaan serangga.

Meskipun disebut “perangkap lalat”, perangkap lalat Venus juga memakan semut, siput, kumbang, dan laba-laba. Flora ini juga memakan spesies katak yang lebih kecil jika memungkinkan.

Karakter dan kostum perangkap lalat Venus

tumbuhan langka venus

Umur D. muscipula sebenarnya cukup panjang. Mereka berharap bisa bertahan hidup hingga usia 20 tahun, namun hanya bisa menutup 3-5 kali sebelum daunnya hancur.

Oleh karena itu, proses menangkap mangsa harus dilakukan dengan benar. Ketika serangga datang dan mendarat di permukaan daun, daun biasanya tidak langsung menutup.

Bulu perangkap lalat Venus menghitung berapa banyak gerakan yang dilakukan mangsanya. Jika Anda menyentuh sensor 2-3 kali, huruf-hurufnya akan terpaut.

Cara perhitungan ini cukup efisien yaitu menghindari masuknya benda asing seperti air dan kotoran. Cara ini tentu efektif untuk memperpanjang umur daunnya.

Ketika serangga membeku, cairan pencernaan mulai menembus ke dalam daun. Cairan ini digunakan untuk menghancurkan tubuh mangsa dan menyerap kandungan nutrisinya.

Pemukul lalat Venus tidak bisa memakan semua bagian serangga. Setelah 5-12 hari, daun terbuka kembali dan bagian serangga yang tidak dapat dicerna rontok.

Konservasi dan populasi tumbuhan langka venus

Menurut Daftar Merah IUCN, status perlindungan D. muscipula berada pada tingkat “rentan”. Namun, pemerintah terus mengizinkan perdagangan di banyak negara.

Bahkan, karena keunikannya, banyak yang tertarik memelihara tumbuhan langka venus. Namun, jika tidak dilakukan dengan benar, itu tidak akan berpengaruh pada keberlanjutannya.

Pada 2019, para ahli mengkonfirmasi bahwa ada 163.951 perangkap lalat Venus yang tersisa di Carolina Utara, dibandingkan dengan hanya 4.876 di Carolina Selatan.

Total populasi flora ini di seluruh dunia bisa mencapai 302.000 individu. Meskipun terlihat cukup besar, angka itu telah turun 93% dari 40 tahun lalu.

Pada 2016, para ahli menemukan 71 perangkap lalat Venus baru di alam liar. Namun dari 71 tumbuhan yang ada, hanya 20 individu yang memiliki umur cukup panjang.

Nah itu dia sahabat mengenai tumbuhan langka venus yang sangat cantik namun untuk saat ini populasinya sangat sedikit.Semoga  artikel ini bisa menambah wawasan untuk kalian ya sahabat terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.